Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Ikan Lele untuk Budidaya

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi aneka jenis makanan yang lezat. Tingginya minat orang Indonesia akan ikan lele yang menjadikan banyak orang melihat hal tersebut sebagai peluang untuk melakukan usaha. Ketika orang hendak melakukan budidaya ikan lele maka yang harus diketahui adalah kelebihan dan kekurangan ikan lele.

Lele sendiri adalah ikan yang hidup di air tawar dan lele juga dapat hidup di danau, rawa, air berlumpur dan juga sungai. Lele sendiri memiliki ciri khusus yaitu berupa adanya kumis pada bagian atas mulutnya. Hampir di setiap warung makan di berbagai daerah Indonesia menyajikan ikan lele sebagai santapan utamanya.

Kelebihan dan Kekurangan Ikan Lele untuk Ternak

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan ikan lele untuk dilakukan budidaya :

  • Ikan lele sangat cepat dalam hal pertumbuhannya.
  • Ikan lele dapat hidup di berbagai jenis kondisi air, sekalipun air itu kurang dalam hal perputarannya, tetapi ikan lele dapat tetap hidup
  • Ikan lele mampu bertahan hidup walaupun ada diluar air dalam beberapa waktu
  • Ikan lele mudah untuk dijual karena banyak masyarakat yang memiliki minat yang tinggi terhadap ikan lele, seperti banyaknya rumah makan yang membutuhkan pasokan ikan lele.

Beberapa contoh diatas adalah beberapa kelebihan dari ikan lele yang dapat dijadikan sebagai patokan dan alasan anda hendak melakukan budidaya terhadap ikan lele. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan ikan lele khususnya untuk kekurangannya :

  • Ikan lele mengalami pertumbuhan yang cepat sehingga membutuhkan makan yang banyak pula
  • Ikan lele dapat melompat sehingga kemungkinan untuk keluar dari kolamnya juga cukup besar terutama ketika musim hujan tiba
  • Ikan lele akan mengandung bahan yang berbahaya jika perawatan dan pemberian makanannya tidak tepat.

Karena ikan lele dapat berkembang di perairan yang cukup kotor dan mengandung sedikit oksigen, hal ini yang membuat ikan lele dapat mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia yang memakannya.

Di beberapa daerah pemiliknya tidak begitu memperhatikan kebersihan dari ikan lelenya seperti misalnya menyatukan tempat untuk buang air besar dengan kolam ikan lele sehingga ikan lele dapat memakan kotoran manusia, atau juga kotoran lainnya sehingga yang membuat ikan lele dapat mengandung beberapa bakteri yang berhaya.

Dengan melihat berbagai kelebihan dan kekurangan ikan lele diatas maka sebaiknya bagi anda yang hendak dan sedang melakukan budidaya ikan lele dapat memperhitungkan hal tersebut. masalah paling utamanya adalah anda harus selalu menjaga kebersihan dari ikan lele tersebut dari segi tempat tinggal sampai dengan pakan yang mereka konsumsi karena tentunya anda tidak ingin ikan lele yang anda jual berbahaya bagi orang lain yang mengkonsumsinya.

Check previous post: Kelebihan dan Kekurangan Ikan Gupy untuk Budidaya