Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Ikan Badut sebelum Memiliki

Anda pasti tahu film animasi Disney yang sangat populer Finding Nemo?Film ini mengisahkan kehidupan seekor ikan clown fish atau ikan badut yang mencari anaknya. Tapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai Nemo dalam Finding Nemo, melainkan jenis spesies ikannya yakni clown fish atau ikan badut. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan ikan badut?

Ikan badut memang kian populer belakangan ini. Bentuknya yang imut nan menggemaskan dan warnanya yang mencolok menjadi daya tarik utama dari ikan penghuni laut yang satu ini.

Clown fish tentu akan sangat pas jika menjadi salah satu hewan peliharaan di akuarium rumah, dimana warna nya yang menarik ini pastinya akan membuat aquarium di rumah semakin meriah. Jika anda tertarik untuk memelihara clown fish, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan dan Kekurangan Ikan Badut Alias Nemo

Untuk habitat aslinya, ikan badut suka tinggal di sekitar terumbu karang di air dangkal yang jernih. Ikan badut banyak ditemui di kawasan Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Thailand, Malaysia, dan banyak juga ditemui di berbagai daerah perairan laut di Indonesia yang tergolong Great Barrier Reef. Jika anda tertarik untuk memelihara ikan mungil satu ini, anda tentunya perlu mengetahui jenis makanan apa yang dimakan ikan badut.

Ikan badut merupakan salah satu hewan yang tergolong omnivore atau ikan pemakan daging, dimana mereka biasanya suka memakan invertebrata kecil seperti parasite atau alga yang hidup pada anemone. Untuk kelebihan dan kekurangan ikan badut sendiri, ternyata ikan badut ini memiliki siklus simbiosis mutualisme dengan anemone, dimana anemone dapat membantu melindungi ikan badut, dan ikan badut juga melindungi anemone dari parasite yang menempel pada tentakelnya.

Selain mengetahui tentang makanan dan kelebihan dan kekurangan ikan badut, berikut ada tips yang harus diperhatikan saat memelihara ikan badut:

  • Simpan akuarium di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. Sebaiknya jangan simpan akuarium di tempat yang terlalu gelap, dimana hal ini tidak baik untuk kesehatan ikan badut.
  • Untuk mendapatkan ikan badut yang sehat dan berkualitas, pilihlah ikan badut dari bibit unggulan. Bibit unggulan ini bisa didapatkan langsung dari alam, atau bisa melalui tempat pemijahan.
  • Mencari pasangan ikan badut. Untuk membudidayakan ikan badut, anda tentu perlu mengetahui cara membedakan ikan badut betina dan jantan. Caranya cukup mudah, dimana ciri ini dapat dilihat dari ukuran besar biasanya betina, dan yang kecil biasanya jantan. Saat melakukan perjodohan ini, jangan lupa untuk selalu diawasi dan berikan sirkulasi air yang baik untuk menjaga sirkulasi air agar tetap nyaman. Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan ikan badut.

Check out previous post: Kelebihan dan kekurangan ikan sapu-sapu