Kenali Kelebihan dan Kekurangan Ikan Arwana untuk Pemula

Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan Arwana memiliki tubuh yang besar dan memanjang, biasanya Ikan Arwana berwarna satu macam seperti merah, emas, hijau dengan warna buntut yang lebih cerah dibandingkan dengan warna tubuhnya. Karena memiliki warna yang unik Ikan Arwana sering dipelihara oleh banyak orang sehingga harga satu ekor Ikan Arwana bisa sangat mahal tergantung jenis dan warnanya. Kelebihan dan kekurangan Ikan Arwana perlu anda ketahui khususnya sebelum memelihara Ikan Arwana karena cara rawat yang salah dapat membuat Ikan Arwana menjadi mati. Ikan Arwana tidak hanya membutuhkan air tawar untuk dapat hidup namun dibutuhkan juga beberapa hal lainnya agar Ikan Arwana bisa bertahan lama. 

Kelebihan dan kekurangan Ikan Arwana lainnya adalah kebutuhan Ikan Arwana, seperti aquarium, pencahayaan, oksigen dan juga makanan. Ikan Arwana membutuhkan aquarium yang cukup besar karena ukuran ikan yang memanjang maka membutuhkan tempat yang luas agar Ikan Arwana dapat bergerak dengan bebas.

Aquarium yang disarankan untuk Ikan Arwana adalah yang berukuran lebih dari satu meter hal ini agar ikan dapat bergerak dengan bebas Ikan Arwana dapat stress jika diletakan pada aquarium yang berukuran kecil sehingga Ikan Arwana dapat mati. Selain itu, pilih aquarium yang memiliki penutup agar Ikan Arwana tidak bisa melompat keluar ataupun kejatuhan barang asing yang dapat membahayakan ikan.

3 Manfaat Utama Ikan Arwana

Walaupun cukup sulit untuk dirawat Ikan Arwana memiliki banyak kelebihan mulai dari dapat membantu anda lebih santai saat melihat Ikan Arwana, banyak juga mitos yang mengungkapkan bahwa Ikan Arwana dapat memberiakan keuntungan. Manfaat Ikan Arwana lainnya yang dapat anda rasakan adalah:

  1. Sebagai peliharaan. Membuat Ikan Arwana sebagai peliharaan merupakan salah satu kelebihan dari memelihara Ikan Arwana. Pemeliharaan Ikan Arwana juga tidak terlalu sulit sehingga dapat anda pelihara dan juga tidak merepotkan dibandingkan dengan memelihara binatang lain.
  2. Penghilang stress. Ikan yang berada di dalam aquarium dapat anda guankan sebagai bahan relaksasi. Karena Ikan Arwana yang tergolong besar dan bergerak aktif dapat membantu kita untuk lebih rileks saat melihatnya.
  3. Sebagai lahan bisnis. Ikan Arwana juga salah satu lahan bisnis yang baik karena tidak sedikit orang yang tertarik dengan Ikan Arwana membuat bisnis Ikan Arwana dapat anda lakukan.

Manfaat Ikan Arwana yang tidak sedikit tidak heran membuat ikan satu ini banyak digemari, sehingga bisnisnya pun tidak pernah sepi. Memelihara ikan juga membutuhkan kesabaran dan kerajinan sehingga ikan tidak cepat mati atau terserang penyakit. Memelihara ikan juga akan mengajarkan anda untuk lebih sabar, tidak stress dan menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *