5 Macam Ikan Pengangkat Kotoran dinding Aquarium

penyinaran di aquarium mengakibatkan munculnya alga atau lumut. keadaan ini tak mampu dielakkan karena telah menjadi situasi umum yang terdapat pada aquarium. ekosistem alga atau lumut di dalam aquarium pasti mengganggu ekosistem ikan-ikan di aquarium. Juga menyebabkan dinding aquarium berubah jadi tidak bersih.

Namun, jangan risau. jenis-jenis ikan berikut ini sudah dibuktikan dapat menumpas dinding-dinding akuarium tersebut, antara lain:

1. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)
Keberadaan ikan SAE di dalam aquarium memang sangat berguna. Ikan jenis ini dikategorikan ikan yang suka memakan alga sejati, tanpa memperdulikan macam alga apapun itu. Semuanya pasti disikat sampai bersih. Ia dapat memakan alga terus-menerus tanpa berhenti.

Ikan SAE juga dikenal sebagai ikan yang lincah. Untuk menghilangkan rasa bosan, letakkan ikan SAE di dalam wadah yang ditumbuhi lumut berdaun luas.

2. Ikan CAE (China Algae Eater)
Ikan CAE umumnya memiliki warna kuning terang yang lebih akrab disapa dengan nama pemakan lumut sejati. Warnanya yang menawan menjadikan ikan ini diminati oleh anak-anak. jadi tidak heran kalau laku di pasaran.
Ikan CAE cukup baik ditaruh di dalam aquarium yang kotor. Selain dapat membersihkan aquarium, ikan CAE juga sangat baik untuk menjaga ekosistem. Tempatkan ikan CAE bersamaan dengan ikan-ikan kecil agar ikan CAE bisa tetap bermain bersama.

3. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)
Ikan OTO termasuk ikan yang paling kecil diantara dua ikan yang disebutkan di atas. panjang badannya hanya mencapai 5 cm saja. Namun, jangan berprasangka buruk dulu karena ikan OTO tebukti bisa memakan lumut dan alga {di|pada) dalam aquarium.
Ukurannya yang kecil menjadikan ikan OTO harus dirawat pada jumlah yang sangat banyak. Sehingga dinding aquarium yang berlumut bisa putih secara keseluruhan.

4. Ikan Sapu-Sapu
Ikan sapu-sapu merupakan ikan kebal karena mampu tinggal dalam keadaan air tipe apapun. termasuk campuran air yang bersih, jorok, maupun campuran air tempat sampah sekalipun. Ikan sapu-sapu malas tidak aktif, maka ritme keaktifannya sangatlah lambat.

Namun, ikan ini menggunakan cara perlahan-lahan tetapi tepat. Dibuktikan dengan kemampuan dirinya untuk menyapu bersih semua lumut dan alga yang berada pada dalam aquarium.

5. Keong Tanduk
menyapu dinding aquarium bersama ikan-ikan terlihat telah umum. Bagaimana kalau mencobanya menggunakan keong ? Keong tanduk mampu memakan lumut dan tumbuhan alga pada dalam aquarium membuat aquarium menjadi lebih putih bersinar.

Bentuk dari keong tanduk berbeda dibandingkan ukuran keong pada umumnya. Dimana bagian tubuhnya didapati duri-duri kecil-kecil disertai dengan pencampuran warna yang juga menawan. jika aquarium punyamu kotor, jangan ragu untuk memiliki satu jenis dari ikan tersebut ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *