5 Kelebihan dan Kekurangan Ikan Sapu-sapu

Ikan sapu-sapu merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara di dalam akuarium. Ikan ini terutama dikenal dapat membersihkan akuarium dari kotoran yang menempel di dalamnya. Ikan sapu-sapu ternyata memiliki beberapa fakta unik dan beberapa kelebihan serta kekurangan. Berikut adalah fakta unik, kelebihan dan kekurangan ikan sapu-sapu yang mungkin belum kita ketahui.

  1. Kelebihan dan kekurangan ikan sapu-sapu yang pertama, ikan sapu-sapu merupakan ikan pemalas. Ikan ini lebih sering ditemukan sedang menempel pada dinding akuarium daripada berenang seperti ikan-ikan lainnya.
  2. Kedua, ikan sapu-sapu ternyata tahan banting. Ikan ini bisa bertahan hidup pada kondisi air yang sangat buruk sekalipun, bahkan pada air yang telah tercemar limbah. Ketahanan ikan mujair bahkan masih kalah dibanding ikan sapu-sapu ini.
  3. Ketiga, ikan sapu-sapu juga merupakan ikan yang cinta damai. Ikan ini tidak akan berkonflik dengan ikan-ikan lain dalam akurium yang sama.
  4. Fakta unik ikan sapu-sapu yang keempat adalah bahwa ikan ini ternyata menyukai ketimun. Selain ketimun, ikan sapu-sapu tetap mengonsumsi algae, sisa pakan serta ikan mati.
  5. Terakhir, kita bisa membedakan ikan sapu-sapu jantan dan betina dari kumisnya. Kumis pada ikan sapu-sapu jantan umumnya lebih panjang daripada ikan sapu-sapu betina.

Setelah menyimak aneka fakta ikan sapu-sapu di atas, saatnya kita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan ikan sapu-sapu ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, ikan sapu-sapu tidak akan berkonflik dengan ikan lain dalam akuarium yang sama. Sehingga, untuk kita yang gemar memelihara aneka ikan dalam akuarium, tidak perlu khawatir apabila mencampurkan ikan sapu-sapu bersama dengan jenis ikan lain di dalam satu akuarium.

Ikan sapu-sapu tidak akan mencampuri ikan lain ataupun berkonflik. Kelebihan lainnya adalah ikan ini memang memiliki kemampuan dalam membersihkan bagian dalam akuarium dengan gerakan yang mirip gerakan menyapu, sehingga konon dari situlah ia mendapat nama ikan sapu-sapu.

Kekurangan Ikan Sapu-Sapu

Selain kelebihan di atas, ikan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ikan sapu-sapu adalah ikan ini tidak bisa dikonsumsi. Hal ini terutama karena ikan sapu-sapu dapat bertahan di dalam air yang telah terkontaminasi sangat berat, misalnya oleh oli, limbah cair pabrik, dan lain sebagainya. Inilah yang menyebabkan daging ikan sapu-sapu mengandung banyak merkuri, logam berat, timbal dan lain sebagainya yang akan sangat membahayakan tubuh.

Ketika ikan lain telah mati karena pencemaran air, ikan sapu-sapu masih akan bertahan. Dan ketika ikan sapu-sapu sudah tidak ada lagi, maka pencemaran air tela mencapai tingkat yang sangat parah. Sehingga, keberadaan ikan sapu-sapu dapat menjadi barometer pencemaran air. Demikian adalah kelebihan dan kekurangan ikan sapu-sapu berikut beberapa fakta unik mengenainya.

Check previous post: Kelebihan dan kekurangan ikan mas koki