3 Kelebihan Dan Kekurangan Ikan Cupang

Memelihara ikan hias memang mendatangkan banyak manfaat bagi pemiliknya. Selain menambah teman, memelihara ikan hias juga dapat menjadi kegiatan refreshing secara tidak langsung. Salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara ialah ikan cupang dimana memiliki kelebihan dan kekurangan ikan cupang yang dapat dipelajari.

Dalam segi perawatan, ikan yang satu ini memiliki cara perawatan yang sulit-sulit gampang. Sebab, ikan yang dikenal mudah bertengkar ini banyak dijadikan ikan hias peliharaan oleh masyarakat Indonesia. Tentu bila perawatannya sulit, tidak akan ada banyak masyarakat yang memutuskan untuk memeliharanya. Kebaradaan ikan ini juga mudah untuk dicari. Di setiap daerah banyak yang menjual ikan ini dengan berbagai jenis.

Kelebihan Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupan dapat dipelajari. Nah, apa saja kelebihan dari ikan cupang?

1, Memiliki Banyak Jenis Dan Rupa

Kelebihan dan kekurangan ikan cupang yang pertama adalah memilii banyak jenis dan rupa. Hal ini menjadikan pemiliknya lebih mudah merasa enjoy. Aneka jenis ikan cupang dapat dikoleksi dan dipelihara. Warna-warna pada siripnya juga berbeda-beda dan memberi kesan indah.

  1. Harga Terjangkau

Berikutnya ialah harga yang terjangkau. Ikan cupang banyak yang dijual dengan harga yang sangat murah karena ikan ini mudah didapatkan. Namun untuk ikan cupang jenis tertentu dan sudah dirawat secara baik, bisa dibandrol dengan harga jutaan. Ini juga dapat menjadi kelebihan yaitu dapat menambah penghasilan bila Anda pintar merawatnya.

  1. Memiliki Gerakan Yang Agresif

Mungkin yang satu ini dapat menjadi kelebihan dan kekurangan ikan cupang sekaligus. Ikan hias yang agresif akan lebih indah untuk dilihat. Tetapi mendatangkan kekurangan karena tidak mudah untuk digabung dengan ikan lainnya.

Kekurangan Ikan Cupang

Itu dia beberapa kelebihan dari ikan cupang. Untuk kekurangannya, ini dia.

  1. Ikan Cupang Tergantung Pada Tingkat Keasaman Air

Ikan cupang memiliki kekurangan yaitu sangat bergantung pada tingkat keasaman air. Maka dari itu ikan ini mudah mati bila tingkat keasaman air di kolamnya tidak sesuai. Fungsi obat biru untuk ikan yang banyak dijual dapat menjadi salah satu solusi untuk kekurangan yang satu ini.

  1. Tidak Mudah Untuk Dibudi Daya

Kelebihan dan kekurangan ikan cupang lainnya ialah ikan ini tidak mudah dibudi daya. Karena sangat agresif, ikan cupang betina sering memakan telurnya sendiri, sementara ikan cupang jantan ketika telah memiliki telur cenderung ingin menguasai telurnya sendiri sehingga menyingkirkan sang betina.

  1. Belum Sepopuler Negara Lain

Di Indonesia budi daya ikan cupang belum sepopuler negara lainnya seperti Thailand. Cukup sulit memperkenalkan ikan ini. Di Thailand, banyak perlombaan yang diadakan untuk menaikan kepopuleran ikan cupang.

Semoga ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan ikan cupang di atas bermanfaat dan menambah informasi bagi Anda.

Check out previous post: Kelebihan dan kekurangan ikan badut